Peluang Bisnis Kecil-Kecilan yang Marak Saat Ini

Anda termasuk orang yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis, namun memiliki kendala dengan ketersediaan modal, tak memiliki modal yang cukup untuk mencoba usaha. Maka jangan khawatir karena pada kenyataannya ada banyak lembaga yang menawarkan pinjaman modal, baik itu dalam jumlah yang besar maupun kecil. Hanya saja juga harus melihat ada tidak jaminan yang bisa diberikan, karena bagaimanapun lembaga tersebut menginginkan jaminan sebelum memberikan pinjaman uang. Lalu bagaimana jika tidak, tak perlu khawatir karena Anda bisa berbisnis dengan modal seadanya, memulai bisnis kecil kecilan misalnya.


Dalam dunia bisnis sendiri memang hanya ada dua kemungkinan yaitu sukses dengan hasil yang sangat berlimpah atau justru merugi hingga meninggalkan utang. Untuk itu bagi Anda yang belum berani mengambil resiko terburuk bisnis dengan modal kecil adalah pilihan terbaik, mengingat modal yang harus Anda keluarkan juga tak terlalu besar, hanya saja dengan keuntungan yang juga tak bisa dikatakan besar sebanding dengan modal Anda. Ada beberapa jenis bisnis yang cukup menggiurkan di musim ini, diantaranya yaitu:

·         Bisnis batu akik, siapa yang tak mengenal batu bertuah tersebut, hampir setiap daerah yang ada di Indonesia sedang dilanda oleh demam akik, baik itu orang dewa sehingga anak-anak tau apa itu batu akik dan menyukainya. Nampaknya batu akik bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha yang cukup menguntungkan, apalagi jika Anda juga memiliki pengetahuan terkait benda tersebut.
·         Bisnis online, ada banyak pilihan bisnis online yang bisa digeluti, apalagi saat ini sejalan dengan kecanggihan teknologi orang-orang sudah banyak yang mulai mengenal dan melakukan pembelian secara online, baik itu pakaian, gadget atau kebutuhan sehari-hari, apalagi jika dilihat tawaran harganya juga cukup menggiurkan. Barang apapun bisa Anda jual dari sini, bahkan bagi yang tak memiliki modal sekalipun bisa menjadi reseller.
·         Jual jilbab, membuka outlet hijab atau dengan menjualnya secara online, fenomena hijab nyatanya juga menjamur di masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Jadi apakah Anda juga tertarik untuk terjun ke bisnis tersebut.

Ada banyak memang peluang bisnis yang cukup menggiurkan dengan melihat kecenderungan pada masyarakat sendiri. Namun tak banyak yang tertarik untuk memanfaatkan peluang tersebut. Masalahnya sama yaitu resiko yang selalu membayang-bayangi setiap bisnis. Sebenarnya hal umum yang menjadi kesalahan ada 2 yaitu keuangan dan juga kreatifitas. Untuk masalah kreatifitas mungkin bergantung pada individu . namun untuk keuangan bisa dengan mudah disiasati, apalagi jika Anda tergolong yang menjalankan bisnis online. Berikut cara mengatasinya:

ü  Karena pembayaran dilakukan melalui rekening maka bukalah rekening sendiri, hal ini berguna untuk memisahkan antara uang dari berbisnis dan juga uang untuk kepentingan sehari-hari, apalagi bagi mereka yang masih sering mengalami masalah keuangan karena perhitungan yang salah.
ü  Membuat catatan, segala macam bentuk transaksi yang Anda lakukan bisa diingat dari catatan tersebut, apalagi manusia memang memiliki sifat pelupa jadi untuk mengatasinya Anda bisa melakukan pencatatan setiap transaksi yang dilakukan.
ü  Pembukuan, tak hanya mereka dengan bisnis yang besar yang harus membukukan transaksinya melainkan juga bisnis kecil untuk mengingat adakah perkembangan bisnis yang Anda jalani atau justru tidak.

Cukup mudah namun pada kenyataannya 3 hal ini sering kali luput untuk dilakukan. Tinggal pilih yang mana ingin bisnis kecil kecilan Anda lebih sukses atau tidak.

Comments