Rekomendasi Cabang Olahraga Bagi Anak

Olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ini tak jarang dijadikan sebuah kegiatan menyenangkan untuk dipertandingkan, baik antar sekolah, daerah, provinsi, hingga anrar Negara. Selain manfaat kesehatan yang pasti akan didapat, pertandingan olahraga juga bisa dijadikan ajang mencari prestasi plus bonus hadiah menarik tentunya. Ada banyak cabang cabang olahraga yang bisa dipertandingkan. Namun, kali ini kita kan merekomendasikan beberapa cabang yang bisa dipertandingkan untuk anak – anak usia Sekolah Dasar.

Beberapa jenis olah raga ini dipilih bukan hanya berdasar pada tingkat kecocokan atau keamanan bagi anak saja, melainkan ada manfaat lain yang bisa diperoleh. Dari sekian banyak cabang cabang olahraga, ada beberapa jenis olahraga yang memiliki manfaat yang baik untuk anak – anak, terutama dalam hal melatih keberanian, kreatifitas, dan kekompakan. Beberapa jenis olah raga tersebut antara lain: Bola Basket. Olah raga ini merupakan olah raga yang dibuat secara kelompok.

Cabang olah raga ini cocok untuk anak – anak karena olahraga basket bisa mengajarkan arti kerja sama dan kekompakan dalam sebuah tim untuk sama – sama mencapai satu tujuan, yaitu memasukkan bola kedalam ring. Senam. Jenis olah raga ini pun sangat cocok untuk pertandingan di kalangan anak – anak. Disini, anak akan dipacu daya kreatifitasnya dalam menunjukkan gerakan senam, terutama jika gerakan senam yang diminta adalah gerakan senam baru hasil karya anak sendiri.

Catur, olah raga asah otak ini sangat baik jika diperkenalkan sejak dini, olah raga catur bisa menjadi sarana untuk mengasah perkembangan otak anak. Menguasai permainan catur sejak dini dapat berpengaruh pada rangsangan otak anak sehingga ia berpotensi untuk memiliki otak yang cerdas. Lari estafet. Olah raga yang satu ini bukan hanya baik untuk melatih pernafasan dan kekuatan kaki anak, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dalam tim demi mencapai garis finish. Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk melatih berbagai kemampuan anak. Sejatinya, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam sebuah kegiatan olah raga. Dengan olahraga, tubuh sehat, jiwa kuat, hati senang.