Apa Saja Jenis-Jenis Obat Herbal

Di Indonesia ini banyak sekali tumbuh tanaman herbal yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk pengobatan ataupun untuk kesehatan sehari-hari. Karena manfaat obat herbal sangat baik bagi tubuh dibandingkan dengan obat-obatan berbahan kimia yang tidak bagus juga bagi kesehatan jika di konsumsi berlebiha, selain memberikan efek ketergantungan, juga mengakibatkan kerusakan organ tubuh tertentu. 
Memanfaatkan obat-obatan atau tanaman herbal di sekitar kita sangat mudah sekali, karena tanah di Indonesia sangat subur dan tanaman apapun akan mudah tumbuh, memanfaatkan halaman rumah sebagai media tanam akan lebih bermanfaat, selain untuk hiasan di taman, juga bermanfaat bagi kesehatan. Banyak sekali jenis obat-obatan herbal yang ada di Indonesia untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal, setiap daerah memiliki tanaman-tanaman obat yang berbeda-beda sesuai kondisi lingkungan tempat tumbuhnya tanaman tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis-jenis obat herbal yang ada di Indonesia:

1.  Temulawak, bermanfaat untuk menurunkan lemak darah, mengobati sakit kuning, maag, diare, pegal-pegal dan diare.

2.  Kunyit, biasanya dimanfaatkan untuk racikan jamu, kunyit juga bermanfaat untuk menghilangkan gatal-gatal, sebagai bahan baku kosmetik, pencegah kanker dan anti tumor.

3.  Sambiloto, berkhasiat menekan tembuhnya sel kanker dan melindungi hati.

4.  Beluntas, berkhasiat untuk obat diare, obat batuk, menghilangkan bau badan dan penurun panas.
Tempuyung, bermanfaat untuk mengobati batu ginjal.

5.  Keji beling, bermanfaat untuk mengobati penyakit lever atau sait kuning, maag, ambien, mengobati batu ginjal, obat diare dan obat gatal-gatal.

6.  Daun ciplukan, berkhasiat mengobati sakit bisul, sakit tenggorokan, batik rejan dan gondongan.

Masih banyak lagi tanaman herbal lainnya yng dapat kita manfaatkan sebagai obat herbal alami yang sangat ampuh dalam mengobati berbagai macam penyakit ringan sampai penyakit berat. Manfaat obat herbal dapat kita manfaatkan sebagai obat atau pencegahan, tanaman herbal dapat dimanfaatkan dari aka, batang, daun, biji, buah sampai bunga. 

Untuk mempermudah mendapatkannya, Anda bisa menanam sendiri ataupun bisa membeli langsung via online yang menjual berbagai macam tanaman herbal ataupun yang sudah menjadi obat.

Comments