Teknologi Terbarukan: Gelatin Yang Halal

Halal atau tidaknya suatu produk makanan menjadi persoalan untuk masyarakat muslim di manapun berada. Persoalan gelatin adalah salah satu contohnya. Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI mencurigai gelatin ini sebagai sesuatu yang diragukan kehalalannya, sebab sumber gelatin bisa dari babi, hewan yang bagi muslim hukumnya haram untuk memakannya.
Teknologi Terbarukan: Gelatin Yang Halal
Persoalanya adakah gelatin halal? Mengingat peran dan fungsi gelatin yang sangat vital bagi dunia industri pangan sebagai pengental, pengemulsi dan penstabil emulsi. Keraguan akan gelatin dapatlah dimaklumi, mengingat selama ini bahan gelatin sebagian masih di impor dari negara non muslim yaitu dari india, China, Thailand, Australia, Brazil, Bangladesh dan New Zealand. 

Produksi gelatin halal sangat memungkinkan di produksi terutama di indonesia yaitu dengan memanfaatkan limbah industri kulit sapi lokal yang jumlahnya mencapai lebih dari 25% dari volume kulit sapi olahan. Limbah kulit sapi ini mengandung collagen yang dapat diolah menjadi gelatin. 

Menurut perhitungan ekonomi, harga gelatin produksi lokal ini bisa lebih murah jika dibandingkan harga gelatin impor. Adanya Inovasi ini memabawa angin segar bagi kehidupan beragama yang selama ini terus menerus berdebat tentang kehalalan gelatin. 

Selain itu, inovasi ini menjadi solusi persoalan lingkungan terutama yang berkaitan dengan penanganan limbah. Jadi dapat disimpulkan inovasi ini seperti pribahasa sekali mendayung dua dan tiga pulau terlampaui artinya satu inovasi, persoalan lingkungan dan keagamaan dapat teratasi. 

Selain untuk industri pangan, gelatih halal ini bisa juga digunakan di bidang farmasi yaitu sebagai bahan baku kapsul sehingga kapsul menjadi mudah ditelan dan dapat menghilangkan bau atau rasa yang tidak enak dari obat. Kapsul juga berperan mengatur kelarutan obat sehingga dapat diprediksidi bagian mana obat akan larut. Selain bidang farmasi, gelatin juga berguna untuk kesehatan. 

Gelatin digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, mengencangkan kulit, nutrisi rambut dan melancarkan pencernaan pencernaan. Bidang lainnya yang memanfaatkan gelatin adalah industri fotografi dan pelapisan logam dalam industri electroplating.

Comments