Pilihan College In Indonesia Untuk Kuliah Kedokteran


Indonesia mempunyai beberapa universitas yang kualitas pendidikannya tidak kalah bagus dari universitas yang ada di luar negeri. Untuk pendidikan di bidang medis atau kedokteran, Indonesia memiliki Universitas Indonesia (UI) yang dikenal sebagai pencetak dokter terbaik di Indonesia, dengan fakultas kedokteran yang tertua di Indonesia. Pembahasan kali ini akan membahas tentang pilihan collage in Indonesia untuk kuliah kedokteran. 

Universitas Indonesia atau yang sering disingkat sebagai UI, merupakan salah satu pilihan universitas terbaik di Indonesia. Kampus utama Universitas Indonesia sendiri terletak di dua lokasi yakni Salemba, Jakarta Pusat dan Depok, Jawa Barat. Untuk Pendidikan dokter sarjana (S1), dipusatkan pembelajarannya di kampus Depok, Jawa Barat sejak tahun 2013, dimana sebelumnya semua kegiatan pembelajaran pendidikan dokter berpusat di Salemba, Jakarta Pusat. Pendidikan dokter sarjana (S1) di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) telah disesuaikan dengan Program Standar Internasional dari Federasi Kedokteran Dunia. 

Untuk sistem perkuliahan yang diterapkan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia telah ditetapkan dalam sebuah modul yang harus diikuti secara sistematis. Pendidikan dokter sarjana (S1) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menggunakan kurikulum dengan 3 tahap pendidikan yakni, general education, medical sciences, dan clinical practice. Tahap pendidikan dalam kurikulum tersebut juga sudah termasuk masa internship selama 1 tahun. Setelah menyelesaikan masa kependidikan dokter dan mendapatkan gelar sarjana S1 (S.Ked). Selanjutnya mahasiswa kedokteran harus melanjutkan pendidikannya ke tahap pendidikan keprofesian dokter aagr mendapatkan lisensi sebagai seorang dokter. 

Untuk tahap pendidikan keprofesian dokter sendiri memiliki jumlah sks sebanyak 40 sks yang dapat ditempuh dalam jangka waktu 4 semester. Universitas Indonesia merupakan pilihan yang tepat untuk mengenyam pendidikan kedokteran. Dengan program standar Internasional yang ditawarkan, kualitas pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia merupakan yang terbaik di Indonesia. Selain itu, Universitas Indonesia (UI) didukung oleh beragam fasilitas untuk mendukung kegiatan akademik mahasiswa seperti ruang laboratorium dan lain sebagainya. Sekian pembahasan terkait pilihan college in Indonesia untuk kuliah kedokteran. Semoga bermanfaat!