Beberapa Kelebihan Layar OLED

Beberapa Kelebihan Layar OLED
Kecanggihan teknologi sangatlah berkembang dengan cepat dari waktu ke waktu, salah satu bidang yang memiliki perkembangan teknologi yang sangat cepat adalah bidang komunikasi khususnya pada gadget ataupun smartphone. 

Hal ini dikarenakan tuntutan masyarakat akan alat komunikasi yang canggih dan mudah dioperasikan sangatlah tinggi. Sehingga berbagai vendor yang bergelut di bidang ini selalu berinovasi dan melakukan riset pengembangan agar dapat melahirkan teknologi – teknologi baru dengan kecanggihan yang pastinya ditunggu oleh pasar. Salah satu teknologi terbaru yang saat ini tengah menjadi perbincangan hangat adalah gadget OLED dengan layar fleksibel. 

OLED merupakan salah satu piranti yang merupkan semi konduktor dengan fungsi sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED ini merupakan piranti yang sangat tipis, ukuran ketipisannya bahkan kurang dari 1 mm atau seperti ketipisan selembar kertas. Piranti ini biasanya digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada layar atau sensor. 

Saat ini teknologi OLED tengah dikembangkan untuk membuat gadget dengan tampilan terbaru yang lebih unik. Gadget OLED ini digunakan pada layar gadget sehingga layar tersebut fleksibel. Teknologi OLED ini dipilih karena OLED ini memiliki beberapa kelebihan, berikut adalah beberapa diantaranya : Tampilan OLED sangat menarik Bentuknya yang sangat tipis sehingga ringan dan fleksibel. OLED menggunakan konsumsi daya listrik yang rendah. 

OLED terbuat dari bahan organik sehingga menjadikan OLED termasuk ke dalam teknologi yang ramah lingkungan Biaya operasional yang relatif rendah dan proses prakitan yang relatif sederhana dibandingkan LCD Memiliki jangkauan wilayah warna, tingkat terang, dan tampilan sudut pandang yang sangat luas. 

Piksel OLED memancarkan cahaya secara langsung sedangkan LCD menggunakan teknologi cahaya belakang (backlight) sehingga tidak memancarkan warna yang sebenarnya. Teknologi OLED hadir untuk menyempurnakan teknologi sebelumnya yaitu LCD, dengan memiliki banyak kelebihan OLED diharapkan mampu menjawab kekurangan yang dimiliki oleh teknologi LCD. 


Begitu pula dengan gadget OLED yang digadang – gadang akan diterapkan pada layar fleksibel, dapat menjawab segala kekurangan yang dimiliki oleh generasi sebelumya.

Comments