Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi

Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi
Melalui perkembangan teknologi komunikasi yang telah berlangsung di Indonesia ini, tentu akan berpengaruh baik terhadap kemajuan bangsa. Teknologi komunikasi berbasis internet saat ini telah mengantarkan seluruh lapisan masyarakat menuju kehidupan yang lebih modern dan mudah dalam menerima berbagai informasi yang dibutuhkan. 

 Selain itu, melakukan komunikasi dengan menggunakan jaringan internet melalui gadget juga dapat mencakup keterlibatan komunikasi yang cukup luas bahkan hingga ke seluruh dunia sesuai dengan keinginan. Namun, perlu kita tahu bahwa dibalik teknologi komunikasi canggih yang memberikan kemudahan dalam mendapatkan berbagai informasi ini juga terdapat dampak buruk terhadap kehidupan. 

Penggunaan internet dalam berkomunikasi akan berpengaruh buruk terhadap kehidupan sosial manusia. Orang-orang saat ini lebih memilih melakukan komunikasi melalui gadget yang dimilikinya dibandingkan dengan berinteraksi secara langsung dengan orang yang ada disekitarnya. Kehangatan diantara keluarga juga akan berkurang karena diantara mereka sibuk dengan gadgetnya masing-masing. 

Mereka yang lebih senang berinteraksi di dunia maya seringkali menghabiskan waktunya didepan laptop atau gadget lainnya selama berjam-jam tanpa menyadari bahwa mereka telah melewatkan waktu di dunia nyata yang lebih penting maupun waktu berharga bersama keluarga. Bahkan, tanpa mereka sadari terdapat bahaya terhadap kesehatan dibalik penggunaan gadget kerap kali mengancam dirinya. 

Selain itu, berbagai aktivitas melalui media sosial maupun informasi yang terdapat dalam situs-situs internet juga dapat berdampak buruk terhadap moral penggunanya. Hal ini dapat terjadi jika mereka para pengguna internet menyalahgunakan teknologi komunikasi yang kian canggih ini. Teknologi komunikasi yang semakin berkembang di Indonesia ini telah membatasi komunikasi massa dan komunikasi antar pribadi yang dilakukan secara langsung. 

Masyarakat akan lebih memilih kemudahan berkomunikasi melalui alat yang lebih canggih seperti gadget tadi dan kebiasaan lama dalam berkomunikasi perlahan akan menjadi sesuatu yang ditinggalkan. Sehubungan dengan ini, peningkatan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap lingkungan sekitarnya perlu dipertimbangkan kembali. Agar dampak negatif dari perkembangan teknologi komunikasi yang telah terjadi ini tidak mengikis kehidupan sosial yang sangat penting bagi setiap manusia.

Comments