Manfaat Teknologi Nano Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Teknologi Nano Bagi Kehidupan Manusia
Perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini sudah tidak bisa dibendung lagi. salah satunya adalah kemajuan dalam teknologi nano, teknologi pada saat ini sedang dalam masa pertumbuhan yang cukup pesat dan cepat saking cepatnya tidak ada satupun yang bisa memprediksi apa yang akan dihasilkan serta apa yang akan ditimbulkan dari semakin pesatnya pertumbuhan teknologi ini pergi akan tetapi para ahli meyakini bahwa dengan kemajuan teknologi nano akan memberikan berbagai macam manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.. 

Dengan menggunakan teknologi nano berbagai macam bidang seperti ilmu pengetahuan, kesehatan serta medis, elektronik, gadget serta keamanan dan pertama pertahanan dunia akan mampu dikeluarkan lebih cepat dan efisien dengan bantuan kemajuan teknologi nano. Jika melihat sejarah dari teknologi nano, teknologi ini ditemukan oleh salah satu ilmuwan Jepang yang bernama norio taniguchi. Ilmuwan ini sangat berjasa dalam perkembangan dan kemajuan teknologi nano yang ada di dunia. 

Ada beberapa gebrakan yang dibuat oleh teknologi nano diantaranya adalah perangkat komputer yang mampu membaca serta menulis ke perangkat hardisk, beberapa bahan-bahan yang dibuat transparan yang mampu menghalangi radiasi atau bahaya sinar ultraviolet dari matahari, pada kendaraan ditemukan katalis yang mampu mereduksi polusi udara serta pelapis khusus pada pakaian serta perlengkapan olahraga yang mampu meningkatkan penampilan Seorang atlet. 

Dalam dunia medis teknologi nano sangat bermanfaat untuk mendeteksi penyakit berbahaya seperti kanker dan tumor serta mampu mengantarkan obat langsung menuju ke target sasaran sehingga akan mampu menciptakan sel kanker yang diderita oleh seseorang. Selain itu teknologi nano juga sangat cocok untuk Penghematan energi. 

Di beberapa macam negara dengan tingkat polusi yang sangat tinggi dibutuhkan teknologi nano yang bisa menjadi solusi agar segala macam polusi yang dihasilkan oleh mesin-mesin yang mengeluarkan asap serta berbagai macam kegiatan yang mengeluarkan limbah akan mampu diselesaikan secara efisien. 

Dalam bidang industri teknologi nano juga memiliki peranan yang sangat penting dengan menggunakan teknologi nano kita bisa membuat sebuah pesawat ruang angkasa yang berbahan baku komposit yang memiliki kelebihan daripada menggunakan bahan baku besi atau sejenisnya. Dengan menggunakan bahan baku komposit belakang berat dari pesawat tersebut akan jauh lebih ringan tetapi dengan kekuatan yang sangat kuat. ke depannya mungkin masih banyak lagi gebrakan-gebrakan dalam bidang teknologi yang dihasilkan oleh teknologi nano.

Comments