Perbedaan Animasi 2D dan 3D


Jenis animasi yang saat ini dipelajari di sekolah animasi diantaranya adalah animasi 2 dimensi (2D) dan animasi 3 dimensi (3D). Kedua jenis animasi tersebut sering kita lihat di televisi atau di youtube. Waktu kita kecil, kita sering melihat film – film kartun yang memperlihatkan kepada kita bahwa objek yang tadinya tidak bisa bergerak menjadi bisa bergerak. Seiring kemajuan teknologi multimedia yang semakin canggih, saat ini kita sudah banyak menyaksikan di televisi atau internet film – film kartun dengan format 3 dimensi. Namun apakah kita sudah tahu tentang perbedaan antara animasi 2 dimensi dengan animasi 3 dimensi. Di artikel ini akan di ulas sedikit tentang perbedaan kedua jenis animasi tadi.
Perbedaan antara animasi 2 dimensi dengan 3 dimensi ini termasuk salah satu materi yang diajarkan di sekolah animasi yang ada di Indonesia. Karena setiap orang berbeda keahlian dalam teknik animasi ini. Ada yang handal dalam pembuatan animasi 2 dimensi namun tidak handal dalam pembuatan animasi 3 dimensi, dan begitu juga sebaliknya. Adapun pembahasan tentang animasi 2D dan 3D adalah sebagai berikut :
a. Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi jenis ini adalah animasi yang sering kita lihat sehari –hari. Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun. Animasi ini hanya bisa kita lihat dari arah depan saja. Gambar animasi ini hanya terlihat 2 sisi saja, yaitu panjang dan lebarnya saja, sehingga kita tidak akan bisa melihat bagian belakang dari sebuah gambar animasi
b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang di perlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Gambar animasi 3 dimensi bisa bisa dilihat 3 sisi nya yaitu panjang, lebar dan tebal gambar. Sehingga kita bisa melihat gambar animasi ini dari berbagai arah dan terkesan nyata seperti aslinya.

Anda ingin memiliki kompetensi dalam hal pembuatan gambar animasi ? Pilihlah sekolah animasi yang berkualitas dan mampu mencetak animator – animator handal yang siap bersaing di industri kreatif. Dan IDS atau International Design School menyediakan layanan pendidikan desain animasi yang anda butuhkan. Jadi, tunggu apalagi … segera daftarkan diri anda atau keluarga anda ke IDS, dapatkan layanan pendidikan yang maksimal sesuai dengan yang anda inginkan.

Comments