Bentuk Bisnis Online

Bentuk Bisnis Online
Ketika kita mendengar istilah bisnis online, maka pikiran kita sudah pasti menghubungkannya dengan internet. Ya, memang benar bisnis online merupakan bisnis yang dijalankan dengan menggunakan jasa internet. Bisnis online terjadi tanpa harus adanya interaksi secara langsung antara penjual dan pembeli. 

Bahkan pembeli melihat barang atau jasa yang akan dibelinya hanya dari gambarnya saja. Apakah kita tidak takut tertipu oleh penjual online ? Memang, tidak semua pelaku bisnis online memiliki reputasi dan integritas yang sama. Ada juga pelaku bisnis online yang berniat melakukan penipuan terhadap konsumennya. 

Di sini, diperlukan kehati – hatian sebelum kita melakukan pemesanan suatu produk. Jangankan di dunia maya, di dunia nyata saja yang notabene sangat kentara transaksi jual belinya, mafia – mafia bisnis yang bertujuan untuk menipu konsumen sudah sangat banyak. 

Ada beberapa jenis atau model media online yang bisa dijadikan tumpuan ketika kita menjalankan bisnis online ini. Media – media ini awalnya dibuat hanya sebagai media informasi saja dan pemasangan iklan, namun seiring waktu berjalan, media – media ini bisa dioptimalkan kegunaannya untuk melakukan bisnis online. Kegiatan bisnis online ini bisa diwujudkan bentuk antara lain sebagai berikut : 

1. Website. Sering di istilahkan dengan web, yaitu halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terhubung dengan jaringan internet. 

2. Toko Online. Pengertian toko online adalah suatu media atau wadah untuk melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli secara online. Di toko online tidak ada bangunan toko asli seperti di dunia nyata, juga antara penjual dan pembeli tidak langsung bertatap muka saat melakukan transaksi. 

3. Blog. Salah satu bentuk aplikasi dari website adalah blog. Blog merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan – tulisan dan gambar. 

4. Media Sosial. Akun media sosial adalah sebuah media online yang mana penggunanya dengan mudah bisa berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Sekali lagi, bisnis online memang sangat fenomenal keberadaanya. Bagaimana tidak ? setiap pelaku bisnis online sangat merasakan manfaat dari bisnis ini. 

Para pelaku bisnis online bisa mengalami kemajuan yang signifikan dari adanya bisnis ini, karena bisnis ini sangat membantu kita dalam memperoleh pendapatan yang sangat besar untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga kita.

Comments