Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil
Rasa mual memang sering terjadi pada calon ibu hamil, hal tersebut dikarenakan perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Biasanya ibu hamil akan merasa mual pada pagi hari atau yang disebut dengan istilah morning sickness, rasa mual tersebut juga terjadi pada saat sarapan pagi, namun bisa saja pada siang hari dan sore hari ataupun malam hari tanpa bisa di predksi. 

Seorang wanita hamil muda karena peningkatan hormon estrogen, progesteron, dan hCG, yang akan mempengaruhi beberapa fungsi organ tubuh lannya. Gejalanya bisa terjadi akibat mual dan muntah, dan rasa lemas pada tubuh. 

Biasanya wanita yang sedang mual akan mencari minuman atau makanan yang segar atau asam, hal tersebut untuk meminimalisir rasa mual di perut dan mulut pun terasa lebih segar. Berikut ini cara mengatasi mual saat hamil secara alami: 

Makan sedikit-sedikit tapi tidak sering. Jika porsi makan lebih banyak, maka akan bertambah mual, tapi jika perut tidak diisi maka perut semakin perih dan mual. 

Hindari makanan yang menyebabkan gas. Karena dapat menimbulkan perut kembung dan penuh, seperti durian, sawi hijau, nangka, kol, tape ketan dan lainnya. 

Mengambil jeda pada saat bangun tidur, rebahan terlebih dahulu jangan beranjak dari tempat tidur. Jika merasa mual, segera minum teh hangat atau biskuit untuk meminimalisir rasa mual tersebut. 

Hindari makanan penambah rasa mual, seperti makanan lemak tinggi, makanan pedas, makanan berminyak. 

Minum yang cukup, biasanya minum air hangat akan menetralkan rasa mual yang terjadi, seperti teh manis atau air putih hangat. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti makan buah yang teratur untuk menetralisir rasa mual. 

Menghirup udara segar di pagi hari, udara pagi hari yang segar dan banyak mengandung oksigen dapat menyegarkan tubuh. Olahraga, lakukan gerakan ringan agar rasa mual tersebut tidak sering terjadi. 

Itulah beberapa poin penting yang bisa Anda perhatikan untuk mengatasi mual saat hamil.

Comments