Makanan Pendamping ASI Diberikan di Usia 6 Bulan

makanan pendamping ASI
makanan pendamping ASI

Tahukah Anda bahwa makanan pendamping ASI atau MPASI sangat baik diberikan ketika si kecil berusia 6 bulan. Mengapa demikian? Mungkin sebagian besar dari Anda masih belum tahu alasan mengapa MPASI wajib diberikan saat bayi usia 6 bulan. Salah satu alasannya yakni ada banyaknya risiko yang ditimbulkan ketika MPASI diberikan pada usia sebelum 6 bulan. 

Seperti yang diketahui sebelum menginjak usia 6 bulan, ASI saja sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Namun ketika usianya sudah genap menginjak 6 bulan maka ia harus mulai diperkenalkan dengan MPASI sesuai dengan anjuran dari WHO. Hal tersebut di karena ASI sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bayi pada usia ini.


Inilah Alasan Mengapa Makanan Pendamping ASI Sangat Penting Mengapa MPASI pada Usia 6 Bulan? Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, bahwa ada banyak sekali alasan mengapa MPASI diberikan pada usia 6 bulan. Berikut ini beberapa faktor penting yang menjadi alasan pengenalan MPASI wajib dilakukan pada usia 6 bulan, diantaranya Saluran pencernaan bayi dan juga ginjal telah cukup berkembang dan mampu menerima jenis makanan yang sifatnya lebih kompleks. 

Tubuh bayi pada usia ini telah memproduksi enzim amilase untuk mencerna karbohidrat yang masuk dalam tubuh. Koordinasi bagian saraf dan juga otot pada si kecil sudah mulai berkembang dengan baik. Risiko Pemberian MPASI Sebelum Usia 6 Bulan Tahukah Anda bahwa pemberian MPASI pada bayi yang belum berusia 6 bulan dapat meningkatkan beberapa risiko berikut, diantaranya Kenaikan berat badan bayi yang signifikan sehingga dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. 

Meningkatkan risiko aspirasi ada bayi Meningkatkan beban kerja ginjal pada bayi Ada beberapa bahan makanan yang masih belum dapat tercerna secara baik oleh tubuh bayi Setelah mengetahui risiko yang dapat terjadi, sudah seharusnya Anda memberikan MPASI pada usia yang telah dianjurkan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Itulah sedikit ulasan mengapa makanan pendamping ASI sangat dianjurkan pada usia 6 bulan. Semoga informasi diatas, bermanfaat dan juga membantu kedepannya.

Comments