Cara Terbaik Menggelar Event Online



Sekarang, menggelar event secara online, nampaknya menjadi hal biasa dan dilakukan oleh banyak orang, terutama para karyawan atau mereka yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan mereka meski di tengah pandemi yang sedang terjadi.

Berbagai layanan, terutama jasa menggelar event secara online demi berjalannya bisnis dan acara mereka. Sebut saja, wedding organizer hingga Lawyer Consulting Services . Menggelar event secara online, baik acara pernikahan atau meeting, perlu persiapan khusus. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pertama kali menggelar event online. Berikut informasi selengkapnya.

Buat Perencanaan yang Jelas

Event besar atau kecil tentu membutuhkan perencanaan yang jelas. tetapkan berapa banyak jumlah peserta yang hadir, materi yang akan dibicarakan dan lain sebagainya. Hal ini memudahkan kamu dalam menggelar event online. Meskipun diadakan secara online, kamu tetap harus membuat perencanaan sematang mungkin.

Pilih Platform Streaming yang Paling Sesuai

Ada banyak platform streaming online yang bisa kamu manfaatkan untuk event online. Kamu bisa melakukan riset ke semua platform online yang sekiranya bisa kamu gunakan. Hal ini memudahkan kamu dalam menentukan platform mana yang akan kamu gunakan untuk event online kamu. Masing-masing platform tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jadi, pastikan kamu memilih yang paling tepat. 

Pilih Waktu dan Durasi yang Tepat

Memilih hari dan waktu yang tepat sangat penting, tidak semua peserta Seminar yang kamu undang dan telah mengkonfirmasi kehadiran, akan hadir saat hari H. Lakukan sedikit riset apakah waktu yang anda pilih bertepatan dengan hari libur ada adanya event lain yang dapat mengurangi kehadiran peserta.

Jika acara kamu melibatkan banyak negara, perhatikan zona waktu dari masing-masing negara. Pilih waktu yang paling memungkinkan untuk diikuti oleh semua pihak.

Selain, durasi waktu juga tidak kalah penting. Gunakan waktu seefisien mungkin. Tidak semua peserta hadir akan betah berlama-lama di depan laptop atau handphone untuk mengikuti event online. Kapan acara dibuka, berapa lama sambutan atau materi dilakukan, kapan kuesioner dilakukan, semua harus direncanakan secara efektif dan efisien.

Demi lancarnya sebuah acara, banyak orang yang akhirnya memilih untuk menggunakan jasa dari online event planner. Acara akan lebih terorganisir dan berjalan dengan lancar jika menggunakan jasa mereka.

Comments