Tips Memilih Kredit Syariah yang Tepat


Semakin banyaknya muslim yang membutuhkan dana bebas riba membuat bank-bank di Indonesia mengeluarkan produk kredit berbasis syariah. Sesuai namanya, produk kredit syariah adalah produk pinjaman yang menggunakan hukum dan syariat Islam dalam prosesnya. Oleh sebab itu, kredit jenis ini dianggap halal dan bebas riba. Meskipun begitu, Anda tetap harus memilih produk dengan cermat agar tidak salah langkah. Berikut ini diberikan beberapa tips yang bisa membantu Anda mendapatkan produk kredit berbasis syariah yang tepat:


Pahami Kredit Berbasis Syariah dengan Baik

Kredit berbasis syariah memang sudah hadir cukup lama. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum mengerti jenis kredit ini. Jika Anda adalah salah satunya maka pahami apa itu kredit syariah sebelum mengajukannya. Beberapa hal yang harus dipahami seperti prosedur, sekma, perhitungan, serta detail lainnya.




Tentukan Nominal Pinjaman

Setelah memahami kredit berbasis syariah, selanjutnya Anda bisa menentukan nominal pinjaman. Hal ini harus dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai pinjaman yang Anda ajukan malah menimbulkan masalah baru karena tidak bisa membayar cicilannya. Sebaiknya besar cicilan yang harus dibayarkan per bulan kurang dari 30% dari penghasilan.


Lakukan Perbandingan

Meskipun sama-sama bebas riba, namun setiap bank memiliki kelebihannya masing-masing. Anda boleh membandingkan beberapa produk pinjaman untuk menentukan produk terbaik sesuai kebutuhan. Selain itu, biasanya orang-orang juga melihat syarat dan ketentuan yang lebih mudah ketika membandingkan produk kredit berbasis syariah.








Ketahui Konsekuensinya

Kredit berbasis syariah memang tanpa riba, namun tetap memiliki risiko. Anda perlu mengetahui konsekuensi dari produk yang diambil. Sebagai contoh, jika Anda mengambil pinjaman dengan jaminan kendaraan maka jaminan tersebut tidak boleh dijual sebelum kredit dilunasi. 

Itulah beberapa tips yang bisa diikuti untuk memilih produk kredit syariah yang tepat. Apakah Anda membutuhkan pinjaman dana? Bank Danamon menawarkan produk pinjaman yang bisa Anda pilih. Selain produk pinjaman multiguna tanpa agunan, Bank Danamon juga menawarkan produk kartu kredit. Proses pembuatannya cepat dan mudah sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan sesegera mungkin. Informasi pendaftaran dan pengajuan produk dari Bank Danamon bisa dilihat lebih lengkapnya di danamon.co.id.


Comments