Pentingnya Menjaga Sistem Imunitas Tubuh dengan Makanan Pendamping ASI

Ketika Buah Hati Bunda mulai bertumbuh dan berkembang, tentu saja kebutuhan akan asupan gizi dan nutrisinya juga selalu mengalami penambahan. Sama halnya seperti ketika Si Kecil telah memasuki masa MPASI (Makanan Pendamping ASI) seperti susu Dancow. Selain itu, semua yang dikonsumsi seperti makanan dan minuman akan mempengaruhi sistem pencernaannya karena delapan puluh persen sistem imunitas tubuhnya berasal dari kesehatan saluran pencernaan.

Untuk menjaga kesehatan Buah Hati Bunda, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Sebab dengan mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, maka sekaligus akan menyehatkan saluran cernanya. Ketika sistem pencernaan Buah Hati Bunda sehat akan membuat gizi dan nutrisi akan berguna dan bisa diserap dengan baik untuk tubuhnya. 

Sangat disayangkan apabila Si Kecil mempunyai sistem pencernaan yang tidak lancar. Karena pencernaan yang tidak lancar akan membuat Si Kecil lebih rentan terkena bakteri, infeksi, dan virus. Terdapat beberapa penyakit yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan yaitu diare dan disentri.




Keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat akan mempengaruhi kesehatan saluran cerna Si Kecil. Bakteri baik sangat dibutuhkan supaya bisa mencegah perlekatan bakteri jahat yang terjadi karena terkena paparan dari lingkungan. Seperti ketika bakteri dipindahkan melalui makanan pendamping ASI, bakteri dipindahkan oleh ibu ke anaknya ketika menyusu, pengobatan antibiotik, atau juga mengalami stres yang timbul karena ketidaknyamanan yang dialami bayi Anda. Bahkan hal tersebut telah terjadi sejak bayi baru saja lahir.

Bakteri baik yang berjumlah cukup banyak akan mampu untuk membantu sistem supaya bisa mengontrol sistem daya tahan tubuh, menentukan berbagai hal, misalnya seperti seberapa efektif Buah Hati Bunda untuk melawan virus tertentu atau apakah anak mempunyai suatu reaksi alergi pada makanan tertentu. 

Bakteri tersebut nantinya juga akan membantu menambah berat badan dan mengatur metabolisme. Bahkan juga dapat berpotensi untuk melindungi si kecil dari gangguan kesehatan mental seperti depresi atau autism. Selain itu juga dapat mempengaruhi suasana hati. Maka dari itu bunda sangat penting untuk betul-betul memperhatikan apa saja yang dikonsumsi si kecil.


Comments