Bagaimana Cara Kerja Generator?

Bagaimana Cara Kerja Generator? Menghasilkan sesuatu berarti membuatnya dari bahan-bahan lain. Anda dapat menghasilkan cerita pendek menggunakan potongan-potongan ide tentang dunia di sekitar Anda; orang membuat rencana untuk kehidupan mereka berdasarkan informasi yang mereka kumpulkan dari berbagai sumber.

Generator, dalam bahasa sehari-hari, adalah entitas yang mampu menghasilkan daya, biasanya listrik, untuk usaha manusia. Karena daya dan energi, sayangnya, tidak dapat diciptakan dari ketiadaan, generator itu sendiri harus ditenagai oleh sumber eksternal, energi yang kemudian disalurkan ke listrik yang dapat digunakan. Jika Anda pernah menghabiskan waktu berkemah di kabin yang dimiliki oleh orang-orang yang dipersiapkan dengan baik, Anda mungkin akrab dengan konsep generator bertenaga gas. Saat ini, berbagai jenis generator ada, tetapi semuanya bergantung pada prinsip kerja generator fisik dasar yang sama.

Menghasilkan Listrik

Pada tahun 1831, fisikawan Michael Faraday menemukan bahwa ketika sebuah magnet dipindahkan di dalam gulungan kawat, elektron "mengalir" di dalam kawat, dengan gerakan ini disebut arus listrik. Generator adalah mesin apa pun yang mengubah energi menjadi arus listrik, tetapi terlepas dari sumber energi ini - baik itu batubara, tenaga air atau tenaga angin - alasan utama arus listrik dihasilkan adalah melalui gerakan dalam medan magnet.



dua magnet besar berbentuk kubus ditempatkan terpisah satu meter, satu dengan kutub selatan menghadap kutub utara yang lain dan dengan demikian menciptakan medan magnet aditif yang kuat di antara mereka. Medan ini menunjuk ke arah kutub utara dan, dan jika ujung magnet benar-benar vertikal dalam kaitannya dengan lantai, arah medan magnet sejajar dengan lantai, seperti tumpukan karpet yang tak terlihat. Jika sebuah kawat penghantar yang berdiri tegak digerakkan melalui ruang di antara magnet dan tetap tepat 0,5 meter dari masing-masing, gerakan kawat itu tegak lurus terhadap medan magnet dan arus dihasilkan di sepanjang kawat. Medan magnet, pergerakan kawat dan arah arus (dan kawat) dengan demikian saling tegak lurus.

Hal penting yang dapat diambil dari hal ini adalah bahwa pengaturan kawat-magnet ini diatur dengan sempurna untuk menghasilkan pasokan listrik yang stabil selama poros pusat terus berputar, menggerakkan kabel-kabel yang melingkar di dalam magnet silinder sedemikian rupa untuk memastikan suatu kekuatan aliran arus melalui kabel dan ke mesin eksternal, rumah atau seluruh jaringan listrik. Triknya di sini, tentu saja, adalah menyediakan daya untuk poros berputar.


Comments