Berikut Ciri Cincin Emas Asli yang Perlu Diketahui



Logam emas merupakan logam yang terkenal dengan nilainya yang sangat mahal dan berharga. Oleh sebab itu tak heran jika perhiasan emas seperti cincin emas selain digunakan untuk penunjang penampilan juga turut digunakan sebagai barang investasi yang berharga. Hal tersebut membuat banyak perhiasan emas imitasi yang dijual untuk berbagai kepentingan sendiri.


Bagi Anda yang ingin memiliki maupun mengoleksi perhiasan emas, ada baiknya Anda untuk selalu mengetahui ciri-ciri perhiasan emas asli agar tidak tertipu dengan beberapa perhiasan emas imitasi yang banyak dijual di pasaran.


Lalu apa saja ciri-ciri dari perhiasan emas asli yang perlu diketahui? Nah untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini.


Tidak Mudah Pudar


Logam emas merupakan salah satu logam yang memiliki ketahanan warna sangat baik. Hal tersebut membuat cincin emas kekinian tidak mudah pudar walaupun digunakan dalam waktu yang lama. Perhiasan emas asli juga tidak akan mudah berubah warna walaupun sering terkena air maupun berbagai bahan kimia lainnya.


Untuk mengecek apakah perhiasan emas Anda asli atau palsu, Anda dapat mengamati perhiasan tersebut dari hari ke hari. Bagi perhiasan emas asli, maka perhiasan tersebut akan tetap berkilau dan awet walaupun digunakan dalam berbagai aktivitas. Namun ketika perhiasan emas Anda palsu, maka tidak perlu menunggu waktu lama perhiasan emas tersebut akan mulai memudar dan berubah warna.

Terdapat Tanda Fisik


Bagi Anda yang ingin mengetahui ciri dari cincin emas asli, Anda dapat melihat melalui tanda fisik yang dimiliki oleh perhiasan emas tersebut. Pada umumnya perhiasan emas asli dilengkapi dengan tanda fisik berupa ukuran karat yang terkandung dalam perhiasan tersebut. Beberapa tanda fisik yang ada seperti 18K, 20K, maupun 24K.


Pada beberapa perhiasan, tanda fisik dapat Anda temukan di bagian perhiasan yang tertutup. Jika pada cincin maupun anting, tanda fisik akan Anda temukan pada bagian dalam cincin dan bagian dalam anting. Sedangkan untuk gelang dan juga kalung, biasanya tanda fisik emas akan terdapat pada bagian pengait.

Tidak Mudah Rusak dan Tergores


Perlu Anda ketahui, perhiasan emas merupakan logam yang sangat keras. Hal tersebut membuat perhiasan emas asli tidak akan mudah rusak dan tidak akan meninggalkan bekas ketika tergores. Bahkan perhiasan emas asli tidak akan mudah patah ketika tertekan maupun terjatuh.


Ketika Anda mendapati perhiasan emas Anda tergores dan berubah warna, maka dapat dimungkinkan bahwa perhiasan emas yang Anda miliki palsu atau tidak asli. Dan ketika perhiasan emas Anda mudah pecah atau rusak, juga dapat dimungkinkan bahwa perhiasan tersebut palsu.


Tidak Bersifat Magnetis


Salah satu ciri emas asli yang cukup mudah untuk dibedakan dengan emas palsu yaitu sifat magnetiknya. Perhiasan emas asli tidak akan bersifat magnetik dimana ketika didekatkan dengan medan magnet, maka perhiasan tersebut tidak akan bereaksi. Sedangkan jika emas palsu, maka ia akan bereaksi dan tertarik dengan medan magnet tersebut.


Itulah beberapa ciri cincin emas asli yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang tidak ingin mendapatkan perhiasan emas palsu, pastikan Anda untuk memperhatikan toko perhiasan ketika Anda membelinya.


Khususnya ketika Anda membeli perhiasan secara online, Anda perlu memilih toko perhiasan yang memang sudah terbukti keasliannya dengan melihat rating maupun review dari banyak pelanggan. Untuk mendapatkan perhiasan emas asli, Anda bisa dapat membelinya di Mondial Jeweler yang sudah terbukti keaslian dan kualitasnya.

Comments