Cara Tepat dan Mudah Membersihkan Kalung Berlian Agar Tetap Cemerlang




Memiliki berbagai jenis perhiasan berlian termasuk kalung tentu menjadi salah satu dambaan para wanita. Keindahan dari kalung berlian yang mampu memancarkan kilauan cahaya sangat mudah untuk mencuri perhatian. Jadi, dengan menggunakan kalung bersematkan berlian, dijamin siapa saja wanita yang menggunakannya akan tampil anggun, mewah dan juga elegan. 


Namun mengingat perhiasan ini bukanlah barang murah dan tidak semua orang beruntung bisa memilikinya, maka wajib bagi para pemilik kalung untuk merawatnya sebaik mungkin.


Agar tampilan dari berlian yang ada pada kalung bisa tetap cemerlang, maka Anda bisa melakukan pembersihan secara rutin dan berkala dengan mengikuti cara berikut ini:


  1. Siapkan cairan pembersih khusus dan rendam kalung


Pertama-tama Anda harus menyiapkan cairan pembersih khusus berlian. Akan tetapi, ingat cairan pembersih tersebut membutuhkan pelarut. Namun hindari penggunaan air dingin apalagi air keran, ya! Pasalnya air keran biasanya mengandung logam dan partikel kotoran kecil di dalamnya yang bisa masuk ke sela-sela perhiasan yang terbuka. 


Jadi, sebaiknya Anda memilih air hangat untuk digunakan saat membersihkan berlian atau permata pada kalung ini. Air hangat sendiri memiliki suhu yang baik untuk digunakan mencuci perhiasan berlian. 


Setelah larutan tadi sudah benar-benar tercampur dengan baik, selanjutnya Anda bisa merendam kalung tersebut. Biarkan selama kurang lebih 30 menit agar kotoran dan minyak yang menempel pada perhiasan larut di dalamnya.


  1. Bersihkan permukaan berlian


Setelah direndam di cairan tadi, selanjutnya angkat perhiasan berlian dan bersihkan dengan cara digosok menggunakan sikat gigi. Pastikan sikat gigi yang digunakan memiliki bulu yang lembut karena akan langsung bersentuhan dengan berlian. 


Jika sikat yang digunakan terlalu kaku atau keras, maka hal tersebut akan berpotensi membuat permukaan perhiasan berlian tergores dan tentu akan mempengaruhi kilauannya. Anda bisa menggunakan sikat gigi berbulu lembut yang bisa dijumpai di minimarket atau warung-warung terdekat.


Menggosok perhiasan berlian menggunakan sikat gigi ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang masih menempel dan sulit larut begitu saja di dalam air rendaman sebelumnya. Ingat, jangan juga menggosoknya terlalu keras, ya! 


Jika sudah selesai dan dirasa kalung sudah benar-benar kembali bersih, maka Anda bisa membilas nya kembali menggunakan air hangat tanpa campuran apapun.


  1. Keringkan kalung


Proses terakhir, Anda bisa mengeringkan perhiasan tersebut dengan menggunakan kain dengan bahan yang lembut. Anda bisa memilih kain katun yang memiliki tekstur lembut sehingga cocok untuk mengeringkan perhiasan berlian ini. Selain itu Anda juga bisa gunakan kain bebas serat seperti yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata.


Selain dengan mengeringkan menggunakan kain berbahan lembut, Anda juga bisa mengeringkan perhiasan berlian tersebut dengan cara mengangin-anginkannya atau membiarkan kering tanpa di lap. 


Pengeringan dengan cara ini justru dianggap lebih aman karena tidak ada kontak langsung terhadap perhiasan. Jadi tidak memungkinkan timbulnya goresan. Namun tetap, Anda harus memastikan bahwa perhiasan berlian sudah benar-benar kering sebelum disimpan atau digunakan kembali, ya!


Itulah dia cara dalam membersihkan kalung berlian agar tetap mampu melahirkan cahaya cemerlang dan mempesona. Bagaimana, sangat mudah bukan? Bagi Anda yang sedang atau berniat untuk membeli berbagai jenis perhiasan, pastikan Anda hanya membelinya di The Palace Jeweler. Selain menjamin kualitas dan keaslian, koleksi yang ditawarkannya pun sangat lengkap sehingga Anda bisa leluasa dalam memilih perhiasan seperti apa yang benar-benar sesuai keinginan dan kebutuhan.


Comments