Mengenal 7 Jenis dan Harga Ban Mobil di Pasaran


Layaknya mobil yang memiliki banyak jenis, ban mobil ternyata juga memiliki banyak jenis. Setiap jenisnya juga menentukan harga ban mobil yang akan Anda beli. Jenis ban yang beragam tersebut hadir untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna. Misalnya ban untuk mobil sport berbeda dengan ban untuk mobil komersial. Sebelum membeli ban baru, kenali jenis-jenisnya melalui artikel ini!

Jenis dan Harga Ban Mobil di Pasaran

Harga dari ban yang Anda beli ditentukan oleh beberapa faktor, termasuk jenis ban dan juga merek. Biasanya harganya mulai dari Rp250.000,00. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali jenis-jenisnya untuk mengetahui harganya. Berikut di antaranya:

1. All Terrain (AT)

Jenis ban mobil pertama yaitu All Terrain atau AT yang bisa dibilang sebagai ban mobil serbaguna. Kelebihan dari ban mobil satu ini yaitu memiliki daya cengkram yang baik di berbagai kondisi dan jalanan. Mulai dari jalanan beraspal, jalanan kota, sampai dengan jalanan offroad ringan. Offroad ringan yang dimaksud seperti jalanan tanah, rumput, atau kerikil. Kalau jalanan seperti lumpur dalam dan batu besar masih belum bagus.

2. Mud Terrain (MT)

Nah, jika membutuhkan ban mobil untuk kebutuhan offroad berat, maka Anda bisa memilih Mud Terrain atau MT. Desain dan rancangan dari ban mobil ini memang diperuntukkan bagi kebutuhan jalanan yang berat. Daya cengkramnya sangat baik di jalanan berbatu besar, lumpur dalam, atau medan offroad lainnya. 

3. Highway Terrain (HT)

Jika Anda hanya memakai mobil untuk kebutuhan jalanan kota, maka ban berjenis Highway Terrain atau HT saja sudah cukup. Ban mobil satu ini memiliki kenyamanan yang sangat baik untuk pemakaian sehari-hari. Kelebihan lain yaitu bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang dan lebih tenang saat berada di jalan raya. Harga ban mobil ini juga terbilang cukup beragam, tergantung mereknya.

4. Performance

Sesuai dengan namanya, ban performance menawarkan kinerja yang tinggi sehingga cocok untuk Anda yang mencari ban dengan kinerja terbaik. Kelebihannya yaitu memiliki cengkraman yang baik di jalan raya. Selain itu, ban ini juga memiliki respon yang cepat dan cocok untuk mobil berjenis sport.

5. Comfort

Banyak orang yang memakai mobil dengan mengedepankan kenyamanan. Apakah Anda juga demikian? Rekomendasi jenis ban yang cocok untuk Anda pilih tentu saja adalah ban comfort. Ban satu ini menawarkan kenyamanan berkendara yang tinggi karena dinding samping lebih lunak. Selain itu, ban ini memiliki desain tread yang mampu mengurangi kebisingan dan getaran. Jadi, lebih nyaman untuk berkendara di jalanan kota. 

6. Eco

Apakah Anda mencari ban mobil yang mampu meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar? Tentu saja ban eco adalah pilihannya. Ban eco merupakan salah satu inovasi terbaru yang menguntungkan penggunaan kendaraan roda empat. Karena mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, Anda bisa menghemat biaya transportasi. Selain itu, ban eco juga mengurangi hambatan gulir dari kendaraan Anda. 

7. Spare Tire

Jenis ban terakhir yang wajib Anda miliki adalah spare tire atau ban cadangan. Ban cadangan atau ban darurat dipakai saat ban utama mengalami kerusakan di jalanan. Meskipun berfungsi sebagai cadangan, namun pastikan kualitasnya tetap bagus. 

Itulah informasi mengenai jenis dan juga harga ban mobil yang perlu Anda pahami. Setiap ban mobil memiliki fungsinya masing-masing. Jadi, Anda bisa memilih jenis ban sesuai dengan jenis mobil dan kebutuhannya. Dunlop adalah merek ban mobil yang menawarkan ragam pilihan. Selain jenisnya yang beragam, harganya juga beragam. Setiap jenis ban mobil dari Dunlop juga memiliki ukuran yang beragam.


Comments